Tag

, , , ,

Oleh: R. Bambang Aryan Soekisno

Abstrak

Makalah ini menggambarkan penerapan teori konstruktivisme pada prinsip-prinsip pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Prinsip pembelajaran terdiri dari apersepsi, peragaan, motivasi, aktivitas, kerjasama,  mandiri,  penyesuaian dengan individu, korelasi, dan evaluasi yang teratur.  Prinsip-prinsip pembelajaran merupakan prinsip didaktisasi yang sangat dipengaruhi oleh teori-teori pembelajaran. Prinsip pembelajaran matematika pun memiliki kesamaan dengan prinsip didaktisasi ini.   Pada makalah ini, penulis mengadopsi prinsip didaktisasi untuk diterapkan pada pembelajaran matematika.   Setiap prinsip pembelajaran didaktisasi  dipaparkan contoh-contoh yang cukup aplikatif untuk diterapkan pada tingkat SMP. Contoh-contoh yang dipaparkan tersebut merupakan penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran.

Kata kunci: Konstruktivisme, prinsip-prinsip pembelajaran, matematika SMP

About these ads