I. Konsep/konstruk

Sekolah merupakan sebuah institusi dengan salah satu tugas yang diembannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan yang bermutu dan berdaya guna. Dalam prosesnya, sekolah membutuhkan sumber informasi yang mutakhir dan selalu terkini. Pengembangan implementasi teknologi informasi dan komunikasi di sekolah merupakan upaya yang sudah seharusnya dilakukan.

Komunikasi di sekolah harus terbangun atas dua sisi, komunikasi internal yang utamanya adalah komunikasi antara : siswa-siswa, siswa-sumber belajar, siswa-guru, siswa-kepala sekolah, guru-guru, guru-sumber belajar, dan guru-kepala sekolah. Sedangkan komunikasi eksternal diantaranya adalah komunikasi antara : siswa-masyarakat, guru-masyarakat, kepala sekolah-masyarakat. Orang tua adalah bagian dari masyarakat.

ICT-Information Communication Technology hanyalah sebagai salah satu bagian dari sistem informasi. ICT hanyalah sebagai landasan infrastruktur teknologi yang meliputi hardware, software dan jaringan komunikasi untuk mengambil, mengumpulkan, memproses, dan memberikan output berbentuk content digital. Lebih lanjutnya informasi tersebut didesiminasikan melalui jaringan transmisi data dengan menggunakan berbagai macam jenis peralatan komunikasi (jaringan komputer) baik untuk kebutuhan internal (Intranet) maupun untuk kebutuhan publikasi umum (Internet).

Menerapkan sistem informasi selain membutuhkan dukungan ICT tentunya juga membutuhkan Isi (Content), Prosedur (Procedure), dan Peranan SDM (Role) yang semuanya akan menuju satu kesatuan dari kebutuhan yang diharapkan intitusi. Tanpa adanya proses informasi yang efektif maka institusi tersebut akan tidak dapat mengendalikan lingkungan sekitarnya.

Sistem informasi merupakan seluruh kesatuan proses mulai dari operator sampai dengan manajemen puncak, mulai dari teknis pengelolaan ICT yang kita kenal dengan Transaction Processing System (TPS), Decission Support System (DSS), Management Information System(MIS), sampai dengan Executive Support System (ESS).

II. Definisi Operasional

ICT pada action plan ini diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbasis komputer, baik dengan jaringan (networking) maupun tanpa jaringan (stand alone) yang mendukung kepada penignkatan mutu proses dan hasil pembelajaran di sekolah.

Sumber-sumber ICT yang dibicarakan adalah :

· Internet

· E-mail

· Jaringan

· Video Conference

· Pengolah Kata (Word Processing)

· Pengolah Data (Database Spreadsheet)

· Desktop Publishing

· Digital Scanner

· Digital Camera

· Software Pembelajaran

· CD-ROM Sumber Informasi

· Sumber Informasi On-line

III. Dimensi

Pegembangan ICT disekolah berorientasi kepada pelayanan terhadap pengguna jasa (customer) yaitu siswa dan masyarakat. Dimensi yang dibangun adalah keterhubungan berbagai sumber informasi komunikasi yang berujung kepada penyelengaraan pembelajaran yang bermutu dan bernilai guna tinggi. Baik antar komponen di dalam sekolah sekolah maupun dengan luar sekolah (stake holder).

IV. Indikator Keberhasilan

Melalui pengembangan ICT di sekolah, diharapkan akan mampu :

  • Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan ICT untuk menunjang profesionalitas kinerjanya
  • Memotivasi guru agar selalu memperbaharui informasi dan pengetahuan untuk menunjang tugasnya
  • Memberikan pelayanan terbaik dalam proses pembelajaran di sekolah
  • Meningkatkan komunikasi dan informasi terkini bagi guru dan siswa
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Meningkatkan kebermaknaan belajar siswa
  • Meningkatkan mutu proses pembelajaran
  • Meningkatkan hasil proses pembelajaran siswa