Kini bukan jamannya lagi membuat kliping bacaan dengan menggunting artikel yang diinginkan. Bukan pula kliping dengan memindai artikel itu. Cara itu sama sekali tak praktis. C Technology dari Lund, Swedia, menciptakan gadget yang dinamakan C-pen, yang mampu menyimpang data tanpa bikin repot.

Bentuknya unik berupa pulpen yang gampang dibawa kemana saja. Cara pakainya pun gampang, cukup tekan tombol pada gagang C-pen. Kemudian arahkan ke artikel yang ingin Anda simpan, sama seperti penggunaan warna highliter (Stabillo), dan text akan tersimpan secara otomatis ke dalam pulpen. Bila Ingin dipindahkan ke PC atau laptop, tinggal pake infra-red.


C-pen diperkenalkan di pasaran dengan dua macam. Beda dalam kapasitas datanya. C-pen 200 untuk penyimpanan 2 MB dan C-pen 600 untuk 6 MB atau 3000 halaman artikel. Keduanya juga dilengkapi processor 100 MHz dan RAM 512 Kb.


Satu lagi kemudahan bagi Anda pengguna microsoft outlook, C-address bisa mengaplikasikan kartu nama yang langsung sinkron dengan alamat email yang akan dituju, jadi penggunanya tidak perlu lagi repot untuk memasukan nama-nama alamat email tujuan.


Untuk Anda, para international travellers, bisa menggunakan C-pen ini sebagai kamus praktis yang dapat menerjemahkan kata atau kalimat dalam bahasa inggris menjadi bahasa lainnya seperti Itali, Jerman, Prancis, Spayol maupun Swedia. Selain untuk kalimat, pulpen praktis ini juga dapat menyimpan memori gambar, grafik maupun skala.

Sumber: Pena Pendidikan edisi April 2007.