pc022019.jpg 

Oleh : Bambang Aryan

a. Kompetensi Profesional Guru Matematika

Hakekat pendidikan matematika pada prinsipnya membantu peserta didik agar berpikir kritis, bernalar efektif, efisien, bersikap ilmiah, disiplin, bertanggung jawab, berjiwa keteladanan, percaya diri disertai dengan iman dan takwa. Karena itu, tugas guru matematika adalah membantu peserta didik agar memahami dan menghayati prinsip dan nilai matematika, sehingga tumbuh daya nalar, berpikir logis, sistematik, kritis, kreatif, cerdas, mencintai keindahan, bersikap terbuka, dan rasa ingin tahu.

Tugas guru matematika yang begitu ideal tadi akan terbantu jika guru memiliki kompetensi profesional. Secara profesional, seorang guru matematika harus memiliki kemampuan dan keterampilan sebagai berikut.

* Dapat mengembangkan pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran matematika

* Dapat memahami perkembangan psikologis peserta didik

* Dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara umum dan komunikasi dalam matematika

* Memiliki wawasan pengetahuan, pemahaman, dan sikap profesional untuk memecahkan masalah.

* Mampu mengembangkan profesi pendidikan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

 

b. Kompetensi Akademik Guru Matematika

Secara akademik, seorang guru matematika diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan sebagai berikut.

(1) dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan:

* pemahaman dan penghayatan terhadap prinsip dan nilai matematika;

* daya nalar, berpikir logis, kritis, sistematik, kreatif, cerdas, rasa keindahan, sikap terbuka, dan rasa ingin tahu;

* melaksanakan proses matematika

* rasa menyenangkan belajar matematika

(2) tepat dalam memilih pendekatan, metode, dan teknik yang relevan dengan perkembangan fisik dan psikis peserta didik.

(3) Mampu membuat perencanaan yang baik dan melaksanakannya dalam pembelajaran matematika

(4) Mahir dalam pengelolaan kelas sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang diterapkannya

(5) Tepat dalam membuat asesmen pembelajaran sekaligus bisa menerima hasil refleksi pembelajaran yang dilakukannya untuk melaksanakan program tindak lanjut

(6) Memilih kemampuan berkomunikasi dalam ruang lingkup akademik, baik secara lisan maupun tulisan.

Sebagai guru matematika yang senantiasa terkait dengan kekhasan matematika diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan khusus guru matematika, di antaranya sebagai berikut.

* Mampu berpikir logis, sistematik, kreatif, objektif, terbuka, abstrak, cermat, jujur, dan efisien.

* Dapat menyederhanakan keabstrakan matematika

* Mendorong peserta didik untuk percaya diri dan berdaya juang yang tinggi, terutama ketika menemukan/memecahkan persoalan matematika

* Menerapkan konsep matematika

* Menggunakan bahasa simbol matematika yang tepat

* Meningkatkan daya abstraksi peserta didik

* Mendorong peserta didik senang (enjoy) dalam melakukan doing math.