Berikut saya sediakan survey yang berkenaan dengan penambahan mata pelajaran pada Ujian Nasional (UN) di tingkat SMA tahun pelajaran 2007/2008 ini. Walaupun Permen No 34 tahun 2007 tentang Ujian Nasional katanya sudah ada namun tidak ada salahnya bila saya memiliki keinginan untuk mengadakan survey, apakah teman-teman se-profesi atau pun yang peduli terhadap pendidikan setuju atau tidak terhadap penambahan mata pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Nasional nanti. Survey ini tidak ada maksud dan tujuan yang sekiranya dapat mengubah atau bahkan menentang dari permen yang sudah dikeluarkan.

Sebagai gambaran, pada tahun pelajaran 2006/2007 siswa SMA diberikan 3 mata pelajaran dalam Ujian Nasional, yaitu untuk program studi IPA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika, sedangkan untuk program studi IPS: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ekonomi.

Berdasarkan Permen no 34 tahun 2007, mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian nasional bertambah, yaitu : untuk IPA ditambah mata pelajaran Fisika, Biologi dan Kimia, sedangkan untuk IPS ditambah mata pelajaran Matematika, Geografi dan Sosiologi.

Kriteria Kelulusan Ujian Nasional adalah: 1) Nilai rata-rata minimal dari keseluruhan mata pelajaran adalah 5,25 dengan ketentuan tidak ada nilai dibawah 4,25 ; 2)Boleh salah satu mata pelajaran bernilai 4,00 asalkan kelima mata pelajaran yang lain minimal bernilai 6,00.

Kepada teman-teman silahkan pilih satu diantara pilihan yang tersedia, bila telah memilih saya berharap saudara memberi komentar pada tempat comments. Terimakasih atas partisipasinya…

Setujukah Saudara Bila Mata Pelajaran pada UJian Nasional ditambah 3 Mata Pelajaran, sehingga Menjadi 6 Mata Pelajaran?

  1. Setuju, Mengapa?
  2. Tidak Perduli, karena Bukan Urusan Saya.
  3. Tidak Setuju, Mengapa?

by : Survey Creator