Tag

, , , , , ,

Karena terdesak oleh kebutuhan dan tidak ada lagi masa untuk mencari bahan ajar untuk pagi ini mengajar di kelas 12 prodi ipa, akhirnya saya coba untuk mengunjungi kembali situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan alamat bse.depdiknas.go.id, walaupun sudah beberapa kali pada minggu ini saya sudah mengunjunginya dan hasilnya gagal terus.

Setelah sholat subuh saya coba buka situs yang menyediakan buku gratis itu padahal printout nya mesti bayar juga, setengah tidak percaya sambil ngucek-ngucek mata karena masih ada yang mengganjal di mata…nampak dilayar komputer download-an saya berhasil. Pengalaman tadi membuat saya ingin lagi dan ingin lagi melakukan hal yang sama men-download bab berikutnya, hasilnya sungguh menyenangkan.

Keberhasilan itu membuat saya teringat kepada saudara-saudara yang ada di sekolah yang mengajar di kelas 10 dan 11 yang katanya mengalami kesulitan mendapatkan buku sekolah eletronik ini, saya pun coba untuk men-download buku kelas 11 prodi ipa. Karena ukuran file-nya cukup besar, berkisar 1,7 – 3 MB lain halnya dengan yang tadi hanya 321 sd 413 KB sehingga waktu yang dibutuhkan juga cukup lama untuk mendapatkan buku tersebut. Tetap berhasil juga sih…

Saya berusaha berfikir yang sederhana saja dalam menjawab masalah yang dialami, saya dan beberapa saudara-saudara saya. Mengapa buku itu sulit didapat? dari pengalaman mendapatkan buku itu akhirnya saya berkesimpulan walau datanya ga lengkap loh :

  1. bse.depdinas.go.id pada beberapa minggu yang lalu nampaknya belum siap sepenuhnya dalam fasilitas (for example: buku baru 1 dan 2 saja yang tersedia , men-download-nya juga susah he he he…)
  2. apabila akan men-download, lakukan pada jam-jam lalu-lintas tidak padat. Lakukan malam hari bahkan kalau mungkin dini hari dan pagi hari (itu tadi pagi loh saya coba).๐Ÿ˜€
  3. Tetapi siang ini pada pukul 14.00 WIB, saya coba kembali untuk men-download di sekolah dengan spesifikasi komputer yang digunakan Pentium 4, 3,06GHz, dengan RAM 1,00G , hasilnya ternyata luar biasa semua file dengan mudah saya dapatkan. Mau tau caranya? Buka situs bse.depdiknas.go.id, cari buku yang kita inginkan, klik download pada buku yang akan di download, kemudian muncul server dapat digunakan (sebaiknya pilih server yang memiliki kecepatan tinggi, kalau saya pilih server Universitas Indonesia – Depok karena saya tinggal di Bogor)
  4. bila ukuran file buku itu besar, gunakan komputer untuk men-download-nya yang memiliki kecepatan cukup tinggi juga. Bila tidak, bersabarlah menanti sampai download-an berhasil.
  5. bila belum berhasil juga, bersabarlah dan berusaha untuk mencoba dan mencoba terus.

Selamat mencoba dan semoga apa yang ditulis ini bermanfaat…