Tag

, ,

R. Bambang Aryan Soekisno

Abstrak

Hasil belajar siswa untuk bidang studi matematika, cukup mengkhawatirkan terutama kemampuan komunikasi matematik bahkan mungkin lebih rendah bila dibandingkan dengan kemampuan lainnya. Beberapa pelajar tidak menyukai matematika karena matematika penuh dengan hitungan dan miskin komunikasi. Beberapa pelajar juga berpikir bahwa matematika pelajaran yang membosankan, karena penuh rumus dan miskin nilai karakter.  Kebanyakan pelajar tidak merasa senang ketika belajar matematika. Bentang pangajen berbantuan Phet interactive simulation adalah sebuah pembelajaran yang menyajikan pembelajaran matematika dengan menyenangkan dan juga membangun keterampilan komunikasi dan nilai karakter. Ada lima langkah dalam pembelajaran dengan bentang pangajen, yaitu bina suasana, bina konsep, bina ingatan, beri bintang, dan beri hikmah.  Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas pada siswa SMA Negeri di Bogor. Keterampilan komunikasi terbangun pada langkah ke tiga sampai lima dari pembelajaran dengan bentang pangajen berbantuan Phet interactive simulation.  Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematik dari setiap siklus, dan nilai karakter siswa terbangun pada langkah ke empat dan lima dari pembelajaran ini.

Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematik, Nilai karakter siswa, Phet interactive simulation