Tag

,

Banyak cara yang dilakukan oleh para guru/dosen untuk mencapai tujuan agar materi yang disampaikan dapat diterima dan dimaknai dengan benar oleh siswanya. Dari memulai pembelajaran dengan menyajikan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sampai dengan penggunaan media pembelajaran.

Hal yang dilakukan oleh dosen STKIP Muhammadiyah Bogor saat ini adalah ingin menyajikan pembelajaran dengan berbantuan teknologi informasi (TI). Dari tiga program studi yang ada, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Program Administrasi Pendidikan, pada tanggal 13 Oktober 2013 mengadakan workshop untuk dosen-dosen dengan tema ICT dalam pembelajaran dengan edmodo.

Berikut adalah gambar kegiatan pada workshop.

peserta terlibat diskusi

peserta terlibat diskusi

peserta sangat antusias

peserta sangat antusias

Serius dalam bekerja, tekun awal sukses

Serius dalam bekerja, tekun awal sukses

Materi workshop pada kali ini adalah menyajikan pembelajaran yang menarik dengan berbantuan edmodo. Selain itu, bagaimana file, dan video disisipkan dalam edmodo agar pembelajaran nampak seperti di kelas sesungguhnya.

Edmodo menyajikan kelas seperti kelas sesungguhnya. Kelas virtual ini benar-benar tampak seperti kelas sesungguhnya. Siswa dapat berinteraksi dengan guru, siswa lain dan juga dapat mengakses bahan ajar.

Apabila pembaca tertarik dengan edmodo, sebagai panduan silahkan diunduh di Panduan-Edmodo untuk dosen dan guru.